Tuesday, November 20, 2007

Mengenai Kata "Staf"

Saya cukup sering temukan, kata "staf" dipakai di mana-mana. Baik di tempat-tempat umum, media massa, juga di lembaga-lembaga pelayanan Kristen, gereja maupun mitra-gereja (para-church). Namun, saya sering tertegun dengan penggunaan kata "staf" yang menurut saya cukup janggal. Misalnya:

Ratna Suganda Sirait, staf ibu rumah tangga Gereja Kristen Sekali.

Bayu Budi Basuki, staf pelayanan media.

Jujuk Sri Suhartilah, staf senior Pelayanan Karitatif Persekutuan Perempuan Kristen Jawa Tengah.

Tertarik dengan kata ini, saya mencoba memeriksa silang kata ini dalam kamus bahasa Indonesia dan Inggris. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "staf" berarti:

1. Sekelompok orang yang bekerja sama membantu seorang ketua dalam mengelola sesuatu. Ia mempunyai kedudukan sebagai [salah seorang] staf pimpinan di kantor itu. Staf redaksi majalah dinding di sekolah kami berjumlah lima orang;

2. Sekelompok perwira yang memimpin (mengatur dsb.) tentara: ia adalah salah seorang kepala staf dalam kesatuan Angkatan Laut.

3. Bagian organisasi yang tidak mempunyai hak memberikan perintah, tetapi mempunyai hak membantu pimpinan, memberi nasihat, dan sebagainya.

Sedangkan Longman Dictionary of Contemporary English memberikan definisi:

1. [C, also + plural verb British English] the people who work for an organization, especially a school or business: The school's staff is excellent.

2. [plural] the members of such a group: Andrea's in charge of about 20 staff.

Dari keterangan yang kita dapatkan, maka kata ini tidak menunjuk kepada perorangan secara individu, tetapi pada sekelompok orang. Jumlahnya pasti lebih dari satu. Jadi, tidak dapat dibenarkan bila kata tersebut dipakai di belakang nama seseorang, dan menyebut si A sebagai staf untuk tugas tertentu.

Kiranya catatan ini bermanfaat untuk pelayanan Kristen, sehingga tidak didapatkan kerancuan arti ketika kita memakai satu kata dalam pelayanan kita.

1 comment:

  1. Thanks Bro' Masukan ini sangat berharga untuk ku dan juga kami; para anggota Staf Perkantas... (dah tul nggak penggunaan seperti ini? He..he..)

    ReplyDelete