Thursday, July 31, 2008

Hari Terakhir Kontemplasi

Hari Terakhir Kontemplasi!





Saya dengan sengaja tidak melakukan update pada bulan Juli, kecuali satu posting (dan satu ini!). Ya, saya cuti menulis untuk blog. Alasannya sederhana, saya sedang menghayati silence (keheningan). Selama bulan Juli, saya tidak banyak memegang komputer dalam tempo yang lama. Ternyata ada hikmat yang saya dapatkan!



Sedikit mengambil jarak dari benda yang kita senangi membuat saya dapat menguji diri, apakah saya bergantung dengan benda itu atau tidak. Seiring dengan “puasa” komputer itu, selama dua Minggu ini, saya membebaskan diri dari kopi! Dan, syukur kepada Allah: diri saya ternyata tidak bergantung pada benda-benda itu.



Inilah hari terakhir kontemplasi saya! Pada bulan Agustus, saya akan kembali full throttle!





2 comments:

  1. Yo, saya sangat menghargai usahamu untuk cuti dari komputer dan kopi. Saya baru-baru ini baca bulletin Regent College. Dalam bulettin itu rektor menulis refleksi ketika ia dan istrinya melakukan cuti 9 minggu di Wales tanpa listrik, tentunya tanpa komputer dan telpon. Kadang-kadang kita perlu mengambil waktu untuk sabat dari semua rutinitas.

    ReplyDelete
  2. Wow! Thanx Koh Pancha. Anda masih di Vancouver tentunya.

    Hmm, Anda menyebut rektor Regent College? Rod Wilson, kan? Wah, orang Mennonite tuu . . . Hehhee . . .

    Dan biasanya, sebagai orang Mennonite, dia ingin menghayati sesekali semangat hidup seperti kaum Old Mennonite.

    Tapi benernya, dalam khasanah spiritualitas Mennonite, menjauh dari keramaian dunia seperti itu memang menjadi bagian hidup yang integral.

    Salam kasih.

    NS

    ReplyDelete