Thursday, July 31, 2008

KEHIDUPAN YANG KITA HAYATI (St. Augustinus dari Hippo)



KEHIDUPAN YANG KITA HAYATI (St. Augustinus dari Hippo)





Ada tiga macam kehidupan: yaitu kehidupan kontemplatif (vita contemplativa), kehidupan yang penuh dengan aktivitas (vita activa) dan kehidupan yang merupakan kombinasi antara keduanya. Seorang manusia dapat mencapai kebahagiaan kekal melalui penghayatan salah satu kehidupan itu, selama dia memegang imannya.



Tetapi kita harus bertanya kepada orang yang mencari kebenaran dalam kehidupan kontemplatif, apa yang dia lakukan terhadap sesamanya. Dia tidak boleh membuang waktu dengan bermalas-malasan, biarlah dia mencari kebenaran, maju dalam penyelidikan, mempertahankan apa yang sudah dipelajari dan bermudah hati dalam berbagi pengalaman dengan orang lain.



Dia yang hidup aktif harus tidak boleh mencari pujian dan kekuatan—dia harus cinta pada pekerjaan itu sendiri; jika dilakukannya dengan baik dan menguntungkan, ini berarti bahwa yang dilakukannya itu menjurus pada keselamatan orang-orang yang dibimbingnya.



Jangan sampai ada orang yang begitu terpikat pada kontemplatif, tetapi sekaligus tidak mempunyai perhatian pada sesamanya, dan jangan ada yang begitu sibuk, sehingga dia mengabaikan persekutuan dengan Tuhan. Jika kita orang beriman, kita berjalan di jalan iman, dan jika mempertahankan iman kita, beberapa orang dari kita akan memahami kebenaran yang tidak berubah, dan akhirnya akan bersemuka dengan Tuhan sesuai perkataan St. Paulus.



Selain itu, ada orang yang—meskipun mengerti apa yang dimaksudkan dengan hal-hal yang tidak tampak dan tidak berubah—menolak bertahan pada satu-satunya jalan yang menuju ke kebahagiaan abadi, jalan Kristus tersalib. Kadang-kadang, sinar terang surgawi menyentuh jiwa mereka, tetapi seolah-olah hanya datang dari kejauhan, dan sinar itu tidak akan mencapai rumah peristirahatan Kristus yang tersembunyi.



No comments:

Post a Comment