Tuesday, June 7, 2011

Doa Memohon Keutamaan Kristiani



Ya Allah trinitas di surga, kaya dalam cinta!  Kami juga berdoa dari lubuk hati kami, pertama-tama dan terutama, Bangunlah kami, dan tanamlan kami seturut kehendak-Mu yang kudus.  Balikkanlah kami dan tariklah kami dengan penuh kasih kepada-Mu.  Tolonglah kami untuk menaati-Mu dengan sukacita dan sukarela, untuk melayani-Mu dan mengikut di jalan titah-titah-Mu.

Oh!  berkenanlah perlengkapilah kami dengan iman sejati, dengan pengharapan yang baik dan cinta-kasih Kristiani yang murni, dengan kepatuhan dan kebenaran tulus.  Berkenanlah mengisi kami juga dengan pengetahuan yang dipenuhi oleh Roh, akan Yesus Kristus dan firman dan kehendak-Mu yang suci. Karuniakanlah kepada kami semangat yang tulus dan cinta terhadap segala sesuatu yang baik, melalui Roh-Mu yang kudus dan baik.  Dan di lain sisi, karuniakanlah kepada kami juga rasa benci kudus, jijik, dan acuh yang semestinya kepada setiap hal yang jahat, sehingga kami dapat membenci apa yang Dikau benci dan mencintai dengan kesukaan apa yang Dikau cinta.

Oh!  berkenanlah menjadi tapak dan jalan kami, dan pada segala waktu, jadilah damai dan pembimbing kami, perlindungan dan perteduhan kami.  Siapkanlah hati dan pikiran kami untuk terus berdekatan dengan jejak damai sejahtera-Mu yang kudus, sehingga kami dapat berpegang pada-Mu dan melayani-Mu dengan sukarela selaku anak-anak-Mu yang kekasih serta hamba-hamba-Mu; dan kerjakanlah ini selama-lamanya, hingga kesudahan masa hidup kami yang papa dan sengsara.

Berilah kepada kami semua, kaum-Mu sendiri, maksud-maksud dan pikiran baik, pemahaman yang baik dan pengetahuan kudus, dan keinginan-keinginan yang baik dan kudus.  Sungguh, selama-lamanya beri kami juga tujuan yang kudus, kehendak yang kudus, kehendak Kristen yang kudus dan ketekunan dalam tiap perihal yang baik dan kudus, dalam apa saja yang memperkenan dan menyukacitakan Dikau.

Ya, berilah kami kesehatan yang kudus dalam jiwa dan badan, dan juga keinginan dan ketaatan kudus seturut takaran anugerah-Mu, yang selaras dengan hikmat ilahi-Mu.  Sungguh, jika tidak melawan kehendak-Mu yang kudus dan ilahi bagi kami untuk memohonkan ini, berkenanlah memberikan kami kebaikan-Mu yang melimpah dan mahamurah juga untuk segenap umat manusia, seturut kelimpahan kehendak-Mu yang kudus.

Marilah datang kepada kami semua, tolong dan hiburkanlah kami di dalam semua pikiran dan kebutuhan, baik di dalam jiwa dan badan.  Inilah yang kami mohonkan, ya Bapa yang kudus!  Demi Yesus Kristus.  Amin.


(Leonard Gross, ed.  Prayer Book for Earnest Christians: A Spiritually Rich Anabaptist Resource.  Herald, 1996.  Hal. 36-37.)

No comments:

Post a Comment