Friday, June 6, 2008

Si Tolol dan Kendi (Sufi)

Si Tolol dan Kendi


Seseorang yang tolol adalah seseorang yang tidak memiliki indera atau penilaian yang bagus. Ia terus menerus salah menafsirkan apa yang terjadi pada dirinya sendiri, atau apa yang dilakukan oleh orang lain. Bagi mereka sendiri dan bagi orang lain, pemikiran mereka tampak logis dan benar.

Suatu hari, di depan desa yang sangat jauh, seorang bodoh bernama Bharat, dengan membawa sebuah kendi disuruh untuk mengambil jus apel segar, dari seorang bijak bernama Prasad. Ketika dia berjalan, tiba-tiba mendengar suara yang keras dan karena kebodohannya, Bharat menubrukkan kendi itu pada sebuah batu.

Ketika dia tiba di rumah Prasad, ia menghadap dengan membawa gagang kendi itu dan berkata, "Surajan dari desa sebelah mengirimkan kendi ini kepadaku, tetapi sebuah batu yang mengerikan mencurinya dariku."

Karena rasa ingin tahu untuk mengujinya, Prasad bertanya, "Karena kendi itu telah dicuri mengapa kamu menawarkan gagang kendi ini kepadaku?"

"Aku tidaklah sebodoh yang dikatakan orang," jawab Bharat, "dan karenanya, aku membawa gagang kendi ini untuk membuktikan ceritaku."

1 comment:

  1. Hello, thank you very much for your great post. Very usefull to me.

    ReplyDelete