Thursday, June 19, 2008

IKON CHRISTUS PANTOKRATOR


Ikon Christus Pantokrator


Di sebelah kanan meja kerja saya, terdapat sebuah ikon Kristus yang terkenal dengan sebutan Christus Pantokrator. Anda dapat melihatnya pada sisi kiri paragraf ini. Ikon tersebut berdampingan dengan ikon Theotokos Panagia dan Trinitas Perjanjian Lama yang terkenal itu. Untuk kali ini, saya mengajak Anda bermenung tentang ikon Christus Pantokrator versi Rusia (berdasarkan ikon di sisi kiri paragraf ini).

Ikon ini banyak jenisnya. Tetapi ciri khas Christus Pantokrator adalah sebuah kitab terbuka di tangan Yesus sebelah kiri, sementara tangan kanannya terangkat di depan dada dengan posisi memberkati.

Tipe ikonografik Christus Pantokrator (Penguasa Segala Sesuatu) menampilkan Keagungan Sang Pancipta dan Sang Penebus sekaligus. Ialah yang memimpin arah perjalanan seisi kosmos, bukan dalam suatu Dzat yang tak terpahami, tetapi menjelma, atau mengejawantah, atau berinkarnasi menjadi manusia, dalam Pribadi Yesus Kristus.

Wajah Yesus Kristus dalam ikon ini penuh keanggunan, tampak tenang, dan membuat siapa pun betah untuk memandanginya. Dialah Tuhan yang berbela rasa, yang menaruh belas kasihan kepada setiap orang yang dipinggirkan dan tertindas; Ia datang ke dalam dunia untuk mengangkut dosa seisi dunia, di atas pundak-Nya sendiri. Mulut Tuhan Yesus digambarkan mungil serta terkatup rapat, seolah hendak berkata bahwa Kristus tak banyak berkata-kata, sehingga setiap orang jangan sampai berhenti pada pemahaman bahwa Ia adalah Guru hikmat nan bijak bestari, yang memberikan ajaran moral yang demikian agung, setara dengan para Guru agama lain di dunia ini. Kristus datang dan memberi diri-Nya sendiri, dan Ia menyatakan Allah sebagai Allah yang beserta kita; itulah cara komunikasi Kristus.

Kristus berselubungkan jubah biru tua, sebagai lambang surga dan keilahian. Baju yang dikenakan Kristus adalah merah tua, yang melambangkan kemanusiaan, kehinaan dan kerelaan-Nya untuk menjadi manusia, bahkan seorang hamba nan hina dina. Dia Allah sejati, lagi manusia sejati. Dialah yang ilahi dan yang kekal, namun demikian Ia pun mengenakan kemanusiaan yang sesungguhnya. Demikianpun bila kita melihat kemanusiaan Yesus, tak dapat kita berhenti pada sosok kesederhanaan dan bela rasa-Nya, tetapi juga sebuah realitas bahwa Ia tetap yang ilahi. Pada bahu kanan ke bawah, dapat diamati adanya hiasan baju berwarna kuning, yang merupakan pelambang kemuliaan.

Rambut Kristus tampak sangat lebat, dan terurai ke pundak sebelah kanan dan ke belakang, mengingatkan kita bahwa Ia kini berada di sebelah kanan Allah Bapa, yang Mahakuasa. Sejenak, rambut Yesus ini tampak terlalu tebal! Tidak realistik untuk ukuran manusia normal. Dalam ikonologi, hal ini memang disengaja. Para ikonografer dengan seksama memilih cara untuk tidak menggambar dengan persis dan tepat, oleh sebab mereka melihat adanya perbedaan ontologis antara kekekalan dan kesementaraan, meski kedua-duanya bukan tak ada keterkaitan. Oleh karena itu, jika sebuah ikon itu makin tak nampak terlalu "realistik," maka makin dekatlah ia kepada realm di mana Allah sedang bertakhta.

Gerakan tangan kanan Tuhan Yesus adalah pemberian berkat (dalam gaya Gereja Ortodoks). Perhatikan bahwa gerak tangan kanan ini pun menunjukkan ke-Trinitas-an Allah serta dua natur Kristus sebagai Allah sejati dan manusia sejati. Jika kita perhatikan baik-baik, maka ibu jari, jari telunjuk dan jari kelingking dalam posisi tegak, yang melambangkan Trinitas, sedangkan jari tengah dan jari manis saling rapat dan agak ditekuk, melambangkan dua natur Kristus.

Doktrin Trinitas dan ke-dua-natur-an Kristus memang menempati posisi utama dalam teologi Gereja Ortodoks. Kedua doktrin ini bahkan menjadi keyakinan kendali teologi Ortodoks. Semua tradisi dalam Kekristenan yang mengaku mewarisi asas rasuli, pasti mengingat dua persidangan Gereja Am di Nicea-Konstantinopel dan di Kalsedon, sebab dalam dua konsili inilah, problema Trinitas dan Ke-dua-natur-an Kristus mendapatkan jawabannya secara tegas dan gamblang.

Perhatikan kembali tangan kanan Kristus! Gerak tangan itu jelas sekali menunjuk ke kitab yang terbuka di tangan kiri-Nya. Kristus hendak mengomunikasikan sesuatu! Ia tidak berkata-kata, mulut-Nya tertutup, tetapi Ia menawarkan kepada orang-orang saleh, para pengikut-Nya yang setia, akan siapa Dia yang sebenarnya. Beberapa versi ikon Christus Pantokrator melukiskan kitab itu terbuka tepat pada Matius 11:28, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." Sejumlah versi lain menunjuk Yohanes 10:9, "Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput," atau ayat 11, "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya."

Bukankah ini semua merupakan penghiburan yang sangat besar? Memandangi wajah Kristus, Ia tidak digambarkan sebagai seorang Juruselamat, laksana seorang bapa bagi semua umat. Pemilihan warna yang cermat, yang mengangkat keanggunan tokoh yang dilukiskan, menambah keindahan ikon Christus Pantokrator. Latar belakang warna emas semakin mempertegas sosok yang dilukis, kontras dengan wajah Kristus dan jubah biru tua-Nya; dan dengan demikian makin terang di hadapan pandangan kita, kesejukan memandang wajah Kristus dan keagungan keilahian Kristus.

Selamat mengenal Kristus!

Terpujilah Allah!

2 comments:

  1. coba maz anda main di website gratis n jangan di blogger teruz biar tambah keren gitu
    ni website gratis

    http://www.own-free-website.com/

    terus ganti dech domain anda dengan co.cc / co.nr
    pasti dech kueren contohnya :

    www.akbidmr.co.cc

    ReplyDelete
  2. Lukisannya tidak menggambarkan keyahudian Yesus yang nama IbraniNya adalah Yeshua. Beliau seperti kita ketahui bersama lahir ke dunia ditengah - tengah bangsa Yahudi, maka pastilah Dia sehari - harinya menggunakan busana khas Yahudi. Seperti penggunaan Tallit yang biasa dipakai dalam ibadah Sabat beserta Tzitzitnya yang diperintahkan Tuhan untuk dipasang sebagai pengingat akan semua perintah Tuhan yang tertulis dalam Torah ( Bilangan/Bamidbar 15 : 37 - 40 ). Mengenai rupaNya, Yeshua pasti memelihara rambut didekat telingaNya sampai panjang seperti kebanyakan pria Yahudi, karena ini adalah perintah dalam Torah untuk tidak mencukur tepi rambut sekeliling seperti penyembah berhala ( Imamat/Vayikra 19 : 27 ). Kitab suci yang selalu dijunjungNya adalah Torah yang dahulu diterima oleh Moshe di gunung Sinai dan bentuknya berupa gulungan bukan berbentuk buku yang dijilid.

    ReplyDelete