Monday, July 23, 2007

Gereja Tuhan, Yang Mana?

GEREJA TUHAN, YANG MANA???
Efesus 2.11-22; 4.11-16


Q. Apa tanda Gereja sejati?
A. Gereja yang sejati bersifat esa, kudus, universal, serta mewarisi ajaran para rasul.

Pusiiinggg!!! Gereja kenapa banyak amir . . . eh amat? Satu sama lain beda lagi! Terus pada ngeklaim masing-masing bener. Mana yang benar donk?? Metaners, kalo kau pernah bingung . . . sama!


But ingat, jangan sampe kita milih gereja sembarangan loh! Sebab seringnya tuh nggak ada dasar n’ alasan yang jelas: cuman masalah selera! Gawat lho, Prenz, kalo kamu milih gereja karena selera doank.

Gereja yang sejati tandanya “esa.” Yaitu Kristus sebagai kepala (Kol. 1.18). So, yang memerintah Gereja bukan orang berduit or majelis, tapi Kristus. Apa pun merk gereja-Nya, Mennonit kek, Calvinis kek, Katolik kek, bila Kristus Kepala, maka semua itu Gereja Kristen.

Terus “kudus.” Yang bersekutu di gereja disebut orang-orang kudus, artinya yang panggil n’ dijadiin kudus oleh Allah yang kudus. Then “universal,” artinya sesuai dengan seluruhnya. Di sepanjang zaman, di semua tempat, pokok iman n’ ajarannya sama: Allah itu Trinitas, Kristus Tuhan-Manusia, keselamatan dalam Kristus saja, etc. Terakhir, “rasuli,” atawa mewarisi ajaran para rasul. Gereja berdiri di atas ajaran para rasul (Kis. 2.42; Ef. 2.20). Prenz, u must believe all these!!!

No comments:

Post a Comment