Monday, July 23, 2007

Kata Hati

KATA HATI
Roma 2.14-15


Q. Bagaimana dengan orang yang nggak kenal hukum moral?
A. Mereka memang tidak punya dalam bentuk tertulis, tapi hukum itu tertulis dalam hati mereka.


Kan nggak semua orang kenal Alkitab? Bagaimana dengan mereka? Prenz, mereka pun ngelakuin hukum moral. Mereka mencoba untuk hidup benar, hidup suci. Tentu menurut ukuran norma moral mereka sendiri. So kita lihat, ada banyak orang meski nggak Kristen, hidup mereka OK dalam tindakan moral. Sebab kata hati nurani jadi hukum moral mereka.

Yang jelas, mereka juga tahu tuntutan keadilan n’ kekudusan Allah. Rasul Paulus bilang, hati nurani mereka menuduh atawa belain mereka sewaktu mereka nih nggak beres dalam hidup moral.

But Guyz, oleh karena dosa, manusia nggak hormatin hukum moral. Hidup mereka sembarangan. Sembrono. Mereka menindas kebenaran Allah dengan kelaliman. Nggak ngakuin lagi Allah (Rm. 1.28). Ngegantiin kebenaran dengan dusta (Rm. 1.25). Lebih suka kegelapan (Yoh. 3.19), However, mereka pasti nggak tenang! Ada hati nurani yang jadi alarm. Sebab itu, mereka nggak mungkin bisa berdalih (Rm. 1.20). Tapi karena kasih Allah n’ keadilan-Nya, Ia mau terus ingatin kita. Ia beri hukum itu lagi n’ lagi buat kita kaum pilihan-Nya.

No comments:

Post a Comment