Monday, July 23, 2007

Ngintip Kematian

NGITIP KEMATIAN
Markus 12.18-27; 1 Tesalonika 4.13-14


Q. Ada apa dengan kematian?
A. Kematian itu perpisahan badan n’ jiwa. Bagi kita yang percaya, badan akan jadi debu, sedang jiwa kita dimuliakan.


Pernah naik bus? Suatu kali, dalam perjalanan pelayanan, aku harus naik bus, transit di terminal n’ ganti bus, terus ngelanjutin perjalanan sampe tujuan. Waktu transit itu aku harus nunggu beberapa saat. Bus yang kutumpangi nunggu ‘ampe penuh penumpang, atawa sampe batas waktu di terminal habis.


Kematian itu kayak waktu transit. Kematian disebut masa antara. Jembatan antara hidup saat ini dengan masa kebangkitan. Nah, pada waktu seseorang mati, baik percaya atawa nggak, badan dan jiwanya berpisah. Guyz, keep in your mind: JIWA dan ROH itu sama! Alkitab pake kata ini bisa saling menggantikan. Kadang “jiwa,” kadang “roh,” keduanya sama.

Jiwa kita kelak akan mengalami kesempurnaan pengudusan. Kita masuk dalam kemuliaan (Luk. 23.43; Why. 14.13). Sedang, jiwa orang yang nggak percaya bakal masuk ke dalam siksa neraka yang kekal.

Terus, apa yang terjadi sama badan kita? Tubuh kita nih milik-Nya. Disiapin buat kebangkitan untuk hidup yang kekal. Sedang, badan orang percaya, ya terang donk nggak jadi milik-Nya, but kelak akan dibangkitin untuk hukuman kekal. So, badan dan jiwa kamu milik siapa nih?

No comments:

Post a Comment