Saturday, August 4, 2007

DEMI KEBENARAN

DEMI KEBENARAN
Ulangan 5.11; 6.12, 13


Q. Apa orang Kristen boleh pakai nama Allah demi kebenaran?
A. Adalah benar memakai nama Allah untuk alasan yang tepat n’ cara yang benar, serta bukan sembarangan

“Sumpah mati!” atawa “Disamber petir kalo aku bohong.” Mungkin kamu pernah dengar kalimat kayak itu. Ada orang yang enteng-enteng saja bersumpah- serapah.

Di sisi lain, ada orang yang secara tulus menolak bersumpah untuk alasan apa pun juga. Orang Kristen pokoknya nggak boleh bersumpah. Alasannya, ucapan Tuhan Yesus di Matius 5.34-37.

Gimana sih yang betul? Tuhan Yesus emang lagi ngeritik orang yang gampang main sumpah-sumpahan. Tapi mereka nggak berani pake nama Yahweh, nama TUHAN. Orang mau bersumpah, tapi nggak mau nanggung risikonya. Bersumpah demi nama Tuhan itu berat. Tapi Ulangan 6.13 bilang, “demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.”

Konkretnya, di pengadilan misalnya. Waktu kita bersumpah, n’ ngebela temen kita yang nggak salah, kita lagi nyertain persetujuan Allah. Kata-kata kita tuh benar. Nggak dibikin-bikin. Kita bertanggung jawab sama Allah. U know, kalo kita beri kesaksian yang betul, sebenernya kita juga sedang jadi saksinya Allah. Kita nggak berani bohong karena kita bawa nama Allah kita.

No comments:

Post a Comment