Saturday, August 4, 2007

PEDE AJA, LAGI!!!

PEDE AJA, LAGI!!!
Ulangan 5.8-10


Q. Apa yang dilarang oleh Hukum Kedua?
A. Menyembah-Nya dengan apa pun yang tidak ditetapkan oleh Allah dalam firman-Nya.

Virus yang ngejangkit di gereja modern tuh “minder.” Ingat bahan SaTe yang kemaren? Pada dasarnya, ini lho Metaners, yang jadi biang masalahnya.

Orang jarang belajar Alkitab, buat nyari prinsip ibadah yang betul. Terus nyobain “jajan” di gereja lain. N’ pengen ngambil gitu aja, mau diterapin di gereja sendiri. Yang kelihatan, gereja lain lebih meriah. Lebih semarak. Lebih banyak pernak-pernik n’ ornamen di dindingnya. Sedang di gereja kita . . . sepiiii . . .

Tunggu dulu, Prenz. Sebelum nyoba-nyoba ngubah tata ibadah, ayo belajar prinsip Alkitab. Ingat prinsip ibadah reformed: hanya yang ditetapin oleh Allah, hanya yang diperintahkan saja yang boleh dilakukan. Jangan punya mental cepet minder sama yang lain, OK?

Allah nggak perkenankan ruang ibadah terlampau banyak pernak-pernik. Ornamen-ornamen yang emang bisa bikin kita nyaman n’ betah, tapi sebenarnya kita sedang nyembah diri sendiri. Ya donk. Kita ngerasa puas karena tontonan yang nyenengin hati! Lho, padahal yang harus dipuasin ya Tuhan, to?!

Jadi, siapa yang disembah? Siapa yang sedang disenangin? Jawablah menurut firman Allah!

No comments:

Post a Comment