Saturday, August 4, 2007

DENGAN HATI TULUS

DENGAN HATI TULUS
Keluaran 20.7


Q. Apa yang dilarang oleh Hukum Ketiga?
A. Pencemaran n’ penyalahgunaan cara-cara yang Allah pake buat ngenalin diri-Nya.

Yang Allah mau dari kita tuh sederhana saja. Kesetiaan. Kalo Allah minta agar kita tetap setia, ada tiga hal yang harus kita hindari:

(1) Tidak hormat. Berpikir n’ berbicara untuk ngelecehin Tuhan. Ayub orang saleh. Ia selalu jaga supaya hati anak-anaknya nggak ‘ngutuki Tuhan (Ay. 1.5). Waktu ia sengsara, istrinya sampe nyuruh Ayub ‘ngutuk Allah (2.9), ia tetep nggak mau. Kadang, demi kepentingan pribadi, kita berlaku nggak lagi hormat sama Allah.

(2) Bahasa kotor. “Ya Tuhan!” atawa “Yesus Kristus!” kerap nyampe di telinga kamu, diucapin oleh teman-teman kamu. Kata-kata yang sia-sia. Nggak ada faedahnya. Kan kayak gitu bukan buat ibadah. Bukan untuk doa. Memang bukan dosa terburuk. Tapi kalo kata itu nggak ada gunanya, ngapain diucapin, khan?

(3) Melanggar janji. Kalo kita berjanji atawa bersumpah demi nama Tuhan, jangan sampe nggak bisa kepegang kata-kata kita (lih. Im. 19.12). Janji demi nama Tuhan itu kudus n’ mesti ditepati. Allah yang akan pandang bener orang yang nggak setia sama janji-Nya. So, berlaku setia pada Allah, n’ hati-hati pake nama Allah.

No comments:

Post a Comment