Saturday, August 4, 2007

TAKE MY TIME

TAKE MY TIME
Keluaran 20.8-11


Q. Apa yang jadi kewajiban kita dari Hukum Keempat?
A. Pengudusan satu waktu bagi Allah, satu hari Sabat yang kudus bagi diri-Nya.

Pada era Revolusi Prancis (1789-1799), penguasa coba rekayasa baru. Ditambah satu hari: 7 hari kerja, 1 hari libur. Wah, orang jadi kepayahan. Napoleon Bonaparte akhirnya ngembaliin hari jadi kayak semula. Ketika pecah Revolusi Rusia, Lenin juga mengubah waktu kerja menjadi 7 hari, tanpa istirahat. Rakyat pun nggak sanggup. Akhirnya Joseph Stalin juga ngembaliin waktu jadi biasa.

Manusia hidup sudah diatur ada ritmenya. Ada kerja. Ada istirahat. Ada masa berjerih. Ada waktu relaks. Buat umat Allah, ternyata istirahat lagi-lagi bukan ditujukan buat nyamannya diri. Orang masa kini salah kaprah, “Enam hari sudah capek kerja, ngapain masih disuruh ke gereja?” Toh ujung-ujungnya biar kepuasan diri dipenuhin, ya nggak?

Loh, padahal Allah ‘dah beri 6 hari buat diri sendiri. 1 hari doank buat Allah, khan? Nah, ketemu lagi egoisme manusia. Prenz, Alkitab bilang, hari Sabat itu buat Tuhan. Allah sendiri yang bikin kudus hari Sabat itu (Kej. 2.3). Kalo Tuhan begitu, layakkah kita ngerayain Sabat Tuhan dengan keluhan? U guyz, siapa yang masih ogah-ogahan bangun n’ kebaktian Minggu?

No comments:

Post a Comment