Monday, January 1, 2007

Pokok Doa

Doa-doa dari seluruh penjuru dunia


Afrika
· Peperangan antarsuku, perpecahan antarkeluarga besar, kekuarangan makanan dan kelaparan di berbagai tempat di Afrika, misalnya, Darfur (di Sudan), Somalia, Republik Demokrat Kongo, Pantai Gading, dan Liberia. Berdoalah bagi kemurahan Tuhan atas umat-Nya di wilayah-wilayah tersebut.
· Perbedaan suku dan kepribadian menciptakan kelompok-kelompok yang kian menajam di kalangan gereja-gereja yang berlatar belakang Anabaptis. Doakan bagi satu semangat persatuan yang baru, sehingga pemimpin-pemimpin gereja di dalam komunitas Mennonite World Conference mampu mengupayakan cara-cara untuk memperdamaikan kelompok-kelompok tersebut.
· HIV/AIDS makin meningkat di Benua Afrika. Banyak negara menerima bantuan dari pemerintah-pemerintah negara Barat serta LSM-LSM internasional, tetapi korupsi menghalangi bantuan-bantuan itu sampai ke tangan yang paling membutuhkan. Doakan agar Allah mengubah hati pemimpin-pemimpin Afrika untuk bertindak adil kepada para warganya.
· Doakan semua pemimpin yang korup dan tidak demokratis, pemerintah-pemerintah yang arogan di Afrika untuk dapat berdamai serta menunjukkan kasih kepada orang-orang miskin yang menderita di bawah rezim mereka.
· Doakan presiden Muslim Tanzania agar dapat mempertahankan perdamaian dan harmoni yang tengah dinikmati di negeri ini, sehingga ibadah gereja dan penginjilan tidak terhalang.

Asia
· Di tengah-tengah bencana alam, pertikaian sosial, dan pemunduran ekonomi, doakan agar Allah dapat memampukan pemerintah untuk mengatasi masalah yang bertumpuk-tumpuk, memberi para pemimpin hikmat untuk membuat keputusan serta kemampuan untuk membuat perbaikan-perbaikan yang signifikan.
· Berbagai badan misi nasional maupun internasional melakukan penginjilan di antara 85% dari 200 juta orang di Indonesia yang masih belum percaya. Doakan agar Allah akan membuka lebih banyak lagi hati untuk percaya kepada Kristus. Doakan untuk keberanian serta hikmat dari para penginjil untuk memproklamirkan kabar baik, meski begitu banyak tekanan serta perlawanan.
· Iman dan kesaksian Kristen berkembang dengan baik di berbagai negara. Puji Tuhan karena banyak orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai jalan, kebenaran dan kehidupan. Doakan orang-orang Kristen ini sehingga lebih banyak lagi yang turut bergabung dalam mengikut Kristus.

Eropa
· Kami terus mengharapkan pertumbuhan gereja di Eropa (Utara maupun Selatan)
· Doakan bagi keterbukaan untuk bersandar kepada kehendak Allah dalam praktik gereja-gereja serta negara-negara kami.
· Doakan sehingga kami tidak melupakan orang-orang miskin, orang-orang asing serta imigran dan agar kami membuka mata kami kepada mereka yang tidak beruntung di dalam masyarakat kami.

Amerika Latin
· Di beberapa bagian Benua ini, orang-orang menjadi korban penculikan, aktivitas teroris dan kejahatan-kejahatan terselubung lainnya. Banyak orang, termasuk Kristen maupun para pemimpin, kehilangan nyawa mereka. Doakan agar kehendak Allah tergenapi di wilayah-wilayah ini.
· Doakan para pemimpin Mennonite di Paraguay yang tengah mempersiapkan Sidang Raya 15 pada tahun 2009. Banyak kelompok-kelompok yang berbeda-beda, termasuk beberapa kelompok pribumi, dilibatkan untuk menjadi tim persiapan. Doakan persatuan dan kesaksian akan hal ini bagi sebanyak mungkin orang di Paraguay.
· Doakan pemerintah-pemerintah yang berada di bawah tekanan dahsyat dari kekuatan-kekuatan dari luar untuk tunduk kepada tuntutan ekonomi serta militer. Tekanan ini seringkali membuahkan aktivitas-aktivitas teroris, yang dapat berakibat bagi gereja-gereja dalam berbagai macam cara.

Amerika Utara
· Komitmen bagi nilai-nilai serta tujuan-tujuan Kerajaan Allah berhadapan dengan tekanan sosial terasa sulit. Orang-orang Kristen diuji untuk turut dalam agenda pemerintah serta untuk mendukung perang-perang tak adil dan takaran-takaran ekstrem untuk memerangi terorisme. Doakan gereja Amerika Utara dan saudara-saudara Mennonite juga Brethren in Christ.
· Kaum miskin, yaitu mereka yang tinggal di jantung-jantung kota serta kelompok-kelompok pribumi sering dilupakan atau diabaikan oleh gereja. Doakan untuk suatu visi serta aksi yang baru dari kaum Mennonite serta Brethren in Christ bagi kelompok-kelompok tersebut.
· Meskipun di tempat lain di dunia gereja berkembang, hal ini adalah pergumulan di Amerika Utara. Doakan bagi pembaruan serta upaya-upaya penanaman gereja yang diperbarui.
· Doakan adanya hati yang tulus, demi kerelaan untuk berbagi kekayaan sehingga gereja dapat bersaksi kepada orang lain, dan agar pemerintah dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk bantuan internasional.

1 comment:

  1. Shalom..
    saya dita dari solo.bersyukur bisa menemukan informasi pokok doa untuk benua2..saya membutuhkan juga pokok2 doa tiap negara di dunia.supaya saya bisa berdoa secara spesifik, sesuai dengan kebutuhan tiap negara.trims.

    ReplyDelete