Sunday, January 27, 2008

Proyek Spiritualitas ME (1)


PENDAHULUAN

Proyek ini merupakan proyek pendasaran dan pengembangan spiritualitas. Spiritualitas adalah kehidupan Kristen seutuhnya, yang dipimpin oleh Roh Kudus. Dengan perkataan lain, spiritualitas merupakan buah pekerjaan Roh Kudus yang melahirbarukan, dan menuntun setiap orang percaya untuk masuk ke dalam pengudusan hidup. Tuhan Yesus berkata, para penyembah yang benar akan menyembah Allah “dalam roh dan kebenaran” (Yoh. 4.24) yang berarti bahwa spiritualitas adalah pembentukan jati diri Kristiani yang dimungkinkan terjadi, bila dikerjakan di dalam kuasa Roh Allah.

Bagi orang Kristen, spiritualitas adalah bagian dari pengudusan progresif, yaitu bahwa Roh Kudus membimbing langkah hidup orang Kristen setapak demi setapak hingga pada akhirnya berjumpa dengan Tuhan, muka dengan muka, dalam kemuliaan yang kekal. Jadi, spiritualitas bukanlah akibat yang serta-merta dari kelahiran baru, dan oleh sebab itu, spiritualitas perlu dibangun di atas suatu landasan yang jelas, dan dikembangkan sampai menuju kepenuhannya.

Siapa yang dilahirbarukan oleh Roh Kudus dan dibangun spiritualitasnya? Tentu saja setiap orang yang baginya Kristus telah mati, dan yang telah ada di dalam hati Sang Bapa jauh sebelum dunia dijadikan, melalui karunia pemilihan anugerah. Tak dapat disangkal, setiap orang Kristen yang sejati akan menyadari bahwa kehidupannya kini dan di sini, sebagaimana dia ada sekarang ini, merupakan mahadaya karya Allah Tritunggal.

Itulah sebabnya kita mengingat selalu, bahwa kita dibaptiskan “di dalam nama Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus,” yang berarti hidup kita diisapkan (atau “dimasukkan”) ke dalam persekutuan kekal Allah Bapa, Putra dan Roh. Kehidupan kita berada di dalam Dia. Dan pada giliran berikutnya, kehidupan-Nya, kodrat-Nya, pun ada di dalam kehidupan kita pada masa kini. Rancangan-Nya menjadi kesukaan kita. Kehendak-Nya menjadi makanan kita. Kita mengatakan “Sola gratia,” oleh karena semua itu berasal dari anugerah Allah semata-mata.

No comments:

Post a Comment