Sunday, January 27, 2008

Proyek Spiritualitas ME (2)


DEFINISI

Melalui proyek spiritualitas Moments of Excellence ini, remaja diharapkan dapat menghayati betapa pentingnya waktu-waktu kehidupan mereka. Mereka mendapati puncak-puncak kehidupannya bukan dalam suatu prestasi yang gemilang nan hebat, atau bila mereka mendapatkan kelimpahan materi yang tiada tara. Kitab Suci kerap mengingatkan kita bahwa kita hidup di masa-masa akhir, yaitu periode antara kehadiran pertama Sang Mesias di bumi ini dengan kehadiran-Nya yang kedua, dan waktu-waktu ini adalah sungguh-sungguh waktu yang jahat, dan oleh sebab itu, kita tidak boleh dicetak dalam pola dan patron dunia, baik dalam: pikiran, tingkah laku dan tindakan.

Proyek M.E. bertujuan agar remaja mampu menata dan mengembangkan sebuah kehidupan yang terintegrasi. Sehingga, waktu-waktu kehidupan tidak menjadi sia-sia. Waktu bukan sekadar rutinitas, bukan hanya kronologi, atau khronos dari kelahiran sampai kematian, dan peristiwa-peristiwa yang sama, terjadi berulang-ulang begitu saja. Waktu tidak terbuang percuma.

Di sinilah remaja perlu menemukan kairos kehidupan, yaitu kesempatan-kesempatan berharga, yang terjadi hanya sekali dan tidak terulang lagi. Namun, bila remaja mampu menangkap kairos itu, remaja akan merasakan makna hidup yang sesungguhnya, dan kedamaian hati pun dirasakan. Pada gilirannya, hati para remaja akan melimpah dengan syukur dan pujian bagi Allah yang sungguh-sungguh mengasihinya.

Proyek spiritualitas M.E. mempunyai kode sebagai berikut:

1 - 1 - 1 - 1 - 1 - 1

Yang artinya:

Satu menit dalam satu jam

Satu jam dalam satu hari

Satu hari dalam satu minggu

Satu minggu dalam satu bulan

Satu bulan dalam satu tahun.

Bila dijabarkan lebih lanjut, maka remaja harus menemukan:

satu menit yang bermakna dalam satu jam,

satu jam yang bermakna dalam satu hari,

satu hari yang bermakna dalam satu minggu,

satu minggu yang bermakna dalam satu bulan,

satu bulan yang bermakna dalam satu tahun.

No comments:

Post a Comment