Thursday, April 3, 2008

DOSA MENYUSUP!

DOSA MENYUSUP!

Kejadian 4.17-26

Alkitab ngebukain ke kita, bahwa kebudayaan pertama dibuat oleh keturunan Kain. Mereka buat satu kota. Terus ada juga Yabal, yang jadi gembala, Yubal yang jadi pemain kecapi dan suling, serta Tubal-Kain yang jadi pelopor pandai besi.

Tapi ngomong-ngomong, siapa sich istri Kain? Nah, banyak pertanyaan seperti ini, khan? Jawabannya sederhana, Kain memperistri adiknya sendiri. Adam n’ Hawa punya anak-anak lain di sampaing Kain (lih. 5.3). Jadi kawin incest (menikah dengan keluarga)? Ya, bagaimana pun, zaman itu, belum banyak orang, kan? Jadi Kain nggak punya pilihan untuk pacaran, tunangan lalu menikah. Tuhan masih mengizinkan perkawinan incest terjadi waktu itu!

Namun di samping itu, ada juga sisi gelapnya! Lamekh ternyata melanjutkan perilaku moyangnya Kain, jadi pembunuh! Dan ia menerima hukuman yang jauh lebih besar daripada Kain. Terus ada juga poligami pertama di sini (ay. 19), yang Allah nggak kehendaki!

Apa yang kita baca hari ini mau nunjukin ke kita bahwa semua keagungan manusia tetaplah dicemarkan oleh dosa. Makanya, Metaners, jangan sampai kita jadi orang yang lupa diri! Kalaupun kita nih hebat, punya banyak talenta n’ kreativitas, di mata Tuhan semua itu nggak ada apa-apanya! Kehebatan kita tuh masih saja kehebatan seorang berdosa, sebab kita nggak berikan semuanya bagi kemuliaan Allah, tapi cari-cari pujian buat diri sendiri.

Tapi melampaui itu semua, bagian ini diutup dengan secercah harapan. Set, yang nantinya akan melahirkan orang-orang pilihan dari garis Nuh n’ Sem. Dari generasi inilah Allah akan wujudin berkat-Nya bagi dunia. Nah, sebagai ahli waris kaum pilihan, kita pun semestinya jadi penyalur berkat Tuhan kepada semua umat manusia. Hidup dalam anugerah keselamatan serta mau jadi saluran anugerah Allah! Siap???

No comments:

Post a Comment