Sunday, April 6, 2008

Kemungkinan


Kemungkinan


Ada dua kota: kota dunia yang merupakan cinta diri sendiri bahkan sampai ke pandangan yang meremehkan Tuhan, dan kota surgawi yang merupakan cinta kepada Allah sampai ke pandangan yang meremehkan diri sendiri.

Perhatikan dua kota ini, Yerusalem, impian ketenteraman, dan Babilon, disebut sumber kekacauan: Keduanya dibuat oleh dua cinta: cinta kepada Tuhan dan cinta kepada dunia. Biarlah setiap orang dari kalian bertanya pada diri sendiri, mana cinta itu, dan dia akan mengetahui dirinya termasuk penduduk dari kota yang mana.

Ada dua kelahiran: yang satu dilahirkan untuk dunia, dan yang lain untuk surga, yang satu untuk kematian dan yang lain untuk keabadian, yang satu dari manusia sebagai orangtua, yang lain dari Tuhan dan Gereja.

Siapa yang dilahirkan dari daging? Mereka yang mencintai dunia, kehidupan sekarang ini. Karena akar dari semua dosa berasal dari sikap menolak hal-hal yang berasal dari Tuhan dan mengarah ke hal-hal yang berubah-ubah dan tidak pasti. Siapa yang dilahirkan dari Roh? Para pencinta Kerajaan Surga, mereka yang menginginkan kehidupan kekal.

Dalam kehidupan ini ada dua cinta yang saling berperang dalam setiap pencobaan, dan siapa saja yang menang menarik para pencintanya ke dalam gerombolannya sebagai tahanan.

—St. Augustinus dari Hippo

No comments:

Post a Comment