Thursday, April 3, 2008

KENALAN DENGAN KEJADIAN 1-11

KENALAN DENGAN KEJADIAN 1-11

Kita percaya, Alkitab tuh firman Allah. Tapi hebatnya, Alkitab juga ditulis dengan bahasa n’ latar budaya manusia. Nah Prenz, tahu nggak sih kamoe, kalo Kejadian 1-11 ini punya persamaan ‘ama tulisan-tulisan di kebudayaan kuno tempo doeloe, yaitu kebudayaan Sumeria atawa Babilonia Kuno!

Di tulisan yang judulnya Daftar Raja Sumeria (+ 1900 S.M.), dikisahkan 8 raja memerintah sebelum air bah, tiap raja umurnya puluhan ribu tahun! Lalu, air bah melanda bumi, lalu sekali lagi raja-raja diturunkan dari atas surga. Tapi, raja-raja setelah air bah, cuma memerintah terbilang hanya ratusan tahun saja.

Nanti neh, kamoe akan tahu paralelnya di Kejadian 5-11. Kejadian 5 ceritakan 10 sosok yang hidup hampir seribu tahun sebelum air bah, sementara Kejadian 11 cerita orang-orang sehabis air bah hanya beberapa ratus tahun saja.

Terus di Kejadian 4, keturunan Kain mengembangkan seni n’ kerajinan seperti musik, pertanian, pembangunan kota, n’ pandai logam. Ini mirip banget dengan cerita di Babel n’ Funisia tentang 7 orang bijak (apkallus), yang di masa awal mengajar manusia seni-seni membangun peradaban n’ kebudayaan. Malah, tokoh pertama dari orang-orang bijak itu namanya Adapa, hmm . . . kedengaran mirip dengan “Adam,” kan?

Nah, itu sekadar paralelisme kecil. Masih banyak lagi, Prenz. Tapi yang penting buat kamu adalah, kamu akan kenali cita-cita Allah buat diri kamu masing-masing, keberhasilan tapi juga kegagalan manusia buat ngejalanin cita-cita Allah itu.

No comments:

Post a Comment