Thursday, April 3, 2008

HARI KETIGA

HARI KETIGA

Kejadian 1.9-13

Pertanyaan: Kenapa Allah nggak langsung ciptain manusia aja, sih? Mengapa manusia nggak dijadiin di hari pertama? Hmm, coba ingat Metaners, kemarin kita udah belajar kalau Allah tuh bertindak dengan rancangan yang matang.

Bayangin seandainya manusia diciptain di hari pertama, mau hidup di mana? Jangan-jangan manusia jadi kayak ikan, karena kudu berenang ke sana ke mari. Terus mau makan apa? Pecel atawa gado-gado? Belum ada tumbuhan khan? Sate sapi? Boro-boro . . . ayam saja nggak ada?!

Nah, di hari ketiga penciptaan, Allah baru pisahkan air dan daratan, lalu numbuhin tumbuh-tumbuhan. Allah siapkan semua hal kehidupan manusia. Sehingga ketika nanti Allah ciptain manusia, maka semua telah tersedia untuk menunjang hidup manusia.

Apa yang bisa kita pelajari, Metaners? Pertama, hidup manusia bergantung pada tersedianya kebutuhan hidup di alam. Kalau alam rusak, maka otomatis hidup manusia akan terganggu. Nah, makanya kita kudu jaga kelestarian alam n’ khususnya tumbuhan-tumbuhan.

Kedua, kita kudu harus hati-hati. Manusia bisa jadi punah lho Prenz. Para ahli geofisika menyelidiki, kalau ada asteroid selebar 60 km. menghantam bumi kita, manusia akan celaka besar. Tapi sama halnya juga terjadi bila ekosistem bumi kita terganggu akibat polusi, penggundulan hutan, dan perusakan alam sejenisnya.

Metaners, kenapa sampe terjadi global warming aliaz “pemanasan global”? Karena pembakaran yang menghasilkan karbon dioksida tambah nggak ketulungan lagi. Maka, ayo kita jaga alam yang Tuhan ciptakan. Jangan merusaknya!

No comments:

Post a Comment