Saturday, June 9, 2007

BLUNGGG????

BLUNGGG????
1 Petrus 3.18-22; 2 Korintus 5.6-8; Filipi 1.21-23;


Q. Apa arti Yesus turun ke alam maut?
A. Tuhan Yesus melepaskanku dari ketakutan n’ kesakitan kematian. Kematian bukan lagi ancaman, tapi keberadaanku bersama Kristus di Firdaus.

Sobat, kalimat ini yang paling bikin bingung di PIR, ya to? Masa sih Tuhan Yesus masuk ke tempat penganiayaan kekal, ie. neraka jahanam? Nggak mungkin. Lho, terus gimana, kan frase yang dipake “alam maut”?


Kata yang dipakai bukan gehenna, tempat aniaya kekal! Tapi hades, yaitu tempat orang mati. So, Kristus nggak blungg . . . nyebur ke neraka! Tapi ke tempat orang mati. Waktu penjahat di samping Yesus berseru, “Remember me, Jesus!” Tuhan berkata, “Hari ini juga engkau bersama-sama aku di dalam Firdaus” (Luk. 23.43). Yesus mengubah tempat orang mati jadi Firdaus, lho! So, kenapa mesti takut mati kalo dah di dalam Tuhan???

Next, Tuhan Yesus juga menyempurnakan roh-roh orang percaya di PL. Kematian mereka yang hidup jauh sebelum Dia disempurnain (Ibr. 12.23). Last but not least, Tuhan Yesus nggak nginjilin roh-roh di tempat kematian biar orang-orang mati pada selamat, lho. (Awas, doktrin keliru!) Ia sedang proklamirin kemenangan-Nya atas kematian kepada roh-roh yang terpenjara. Mereka ini yang dulu, sebelum air bah datang, pada nggak percaya, itu . . . di zamannya nabi Nuh!

No comments:

Post a Comment