Saturday, June 9, 2007

. . . SUFFERED n’ DIED . . .

. . . SUFFERED n’ DIED . . .
Roma 3.19-26; Ulangan 21.23


Q. Apa artinya Kristus menderita n’ disalib?
A. Dalam badan n’ jiwa-Nya, Kristus menanggung murka n’ kutuk Allah atas dosa manusia, agar Ia menebus badan n’ jiwa kita dari penghukuman kekal.

Adolf Hitler dikenang sebagai pemusnah 6 juta bangsa Yahudi. Pak Harto (mantan Presiden RI) mungkin kelak akan dikenang jadi sumber hilangnya sekitar 2 juta orang pasca Oktober 1965. Hmm, Pontius Pilatus . . . juga selalu dikenang sebagai penyalib Kristus.

Kristus disalib emang gara-gara perbuatan manusia kafir. Tapi di balik itu, ada skenario yang agung, yang luar biasa. Allah lagi menjalankan penghakiman-Nya yang adil. Meski menderita karena tindakan manusia, Yesus Kristus sadar akan adanya murka n’ penolakan Allah atas diri-Nya. Ia sedang menempuh jalan yang nggak mungkin ditempuh manusia berdosa. Mana sanggup kita? Mana layak semua manusia seperti Dia?

KAwan, inilah jantung hati Kekristenan! Ibaratnya neh, inkarnasi adalah pelataran Bait Suci, nah . . . penebusan di kayu salib itu Ruang Maha Suci. Kristus meredam murka Allah yang menyala atas manusia berdosa, n’ hapus dosa kita dari hadapan Allah. Ia membayar lunas utang darah kita. Dan Ia menang atas kematian dengan jalan masukin maut itu. Kini, kita jadi didamaiin kembali dengan Tuhan. Puji Tuhan!

No comments:

Post a Comment