Saturday, June 9, 2007

PINJAM RAHIM

PINJAM RAHIM
Lukas 1.26-38; Galatia 4.4


Q. Apa arti lahir dari Anak Dara Maria?
A. Anak Allah sudah memakai tabiat manusia sejati sejak dikandung Maria oleh Roh Kudus, supaya menjadi keturunan Daud yang sejati dalam segala rupa, kecuali dalam dosa.


Ah, nggak mungkin! Mana ada manusia yang dilahirkan dari seorang perawan? Sentimen itu dah muncul di akhir abad ke-18 sampe sekarang. Malah teori tercanggih bilang, Yesus itu anak haram dari serdadu Roma yang menghamili Maria, terus dia pergi.

Alkitab menyatakan, inilah mukjizat. Tapi, apa mungkin? Laki-laki pertama, dibikin tanpa ayah-ibu. Perempuan pertama dicipta dari laki-laki, tapi tanpa ibu. Manusia seperti kita dilahirin melalui ayah-ibu. So, masih ada kemungkinan satu lagi, kan? Dilahirin dari seorang perempuan, tanpa ayah. Dan itulah karya Roh Kudus di dalam rahim Maria!

Dikandung dan dilahirin lewat rahim perempuan berarti: (1) Yesus manusia sejati, tapi juga lebih dari manusia biasa. Kelahirannya hebat! (2) Kristus emang menerima tabiat manusia dari Maria, tapi Ia bebas 100% dari dosa warisan Adam.

Kemanusiaan-Nya nggak tercemari oleh tindakan, motif dan kehendak berdosa. Sebab itu, Ia layak jadi kurban penebus dosa. Metaners, mana ada Tuhan yang seperti Tuhan Yesus, ya nggak? Makanya bersyukur donk!

No comments:

Post a Comment