Wednesday, June 6, 2007

CORAM DEO

CORAM DEO
Yohanes 17.1-5; Mikha 6:8


Q. Apa sih yang diajarin Alkitab?
A. Mengenal Allah n’ mengenal tanggung jawab manusia di hadapan Allah.

“Gitu saja kok repot!” Pernah dengar kalimat itu? Kawan, ada orang yang bilang begini: kalo dah diselamatkan, ngapain repot-repot berbuat baik? Benarkah begitu?
Alkitab justru dengan gamblang bilang ke kita, hidup kekal itu ternyata bukan surga lho . . . tapi mengenal Allah. Nah, gimana caranya mengenal Allah? Inilah yang dalam iman reformed dikenal istilah coram Deo, “di hadapan Allah.” Kita semua sedang berhadapan dengan Allah. Apa yang kita lakuin, kita nih bertanggung jawab pada Allah.

Coba bayangin, ada orang yang puluhan tahun ngakunya Kristen, tapi nggak ada perubahan hidup. Secara fisik sih iya: makin tua, makin rapi penampilannya. Tapi gaya hidup, sami mawon dengan orang lain.

Padahal, begitu seseorang diselamatkan, ia akan percaya bahwa Allah saja yang memberi anugerah itu. Terus ia mampu mengerti posisinya di dunia ini. Kenapa? Yup! Ia bertanggung jawab dengan Allah. Justru ia akan jadi orang yang paling bersemangat untuk benah-benahin bumi milik Allah ini sebagai tempat yang nyaman huni buat semua manusia n’ makhluk.

No comments:

Post a Comment